Rabu, 16 September 2009

PROYEK TANPA KORUPSI


Buku “Mewujudkan Proyek tanpa Korupsi” Sebuah karya sederhana yang merupakan refleksi dari proses advokasi anggaran (APBD) yang dilakukan oleh KOPEL Sulawesi bersama dengan masyarakat dampingan (Parlemen Group) di Kabupaten Gowa, Takalar, Bulukumba dan Boalemo.
Buku ini, memuat beberapa kasus pelaksanaan proyek fisik yang bermasalah di Kabupaten diatas yang kemudian sedikit banyak mengalami perbaikan karena adanya partisipasi masyarakat dalam proses pengawasan pelaksanaan proyek.
Buku ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran bagi masyarakat luas dan juga teman-teman aktifis NGO lainnya yang pingin melakukan advokasi terhadap APBD di daerah. Lebih jauh, buku ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran bagi siapa saja, termasuk pemerintah daerah, anggota DPRD atau para pelaksana proyek, tentang pentingnya pelibatan masyarakat dalam mewujudkan proyek fisik (Sekolah, jalan, irigasi, dll) yang kualitas dan layak dinikmati oleh masyarakat itu sendiri.
Buku ini diterbitkan oleh KOPEL Sulawesi dan NDI Jakarta dan ditulis oleh Wakhyono, Firman M, Anwar Razak, dan Herman. Buku ini dapat diperoleh di beberapa toko buku di Makassar atau silahkan dibaca di Perpustakaan KOPEL Sulawesi, jalan Batua Raya 9 no.3.

Tidak ada komentar: